www.pidiejaya.co.nr

WEBSITE MASYARAKAT PIDIE JAYA SE JABODETABEK DAN SEKITARNYA

Masyarakat Pidie Jaya di Jakarta Jl. Raya Lenteng Agung no.18,Lenteng Agung,Jagakarsa,Jakarta Selatan  Telp. 78845567, Hp. 0811 905683 (Alauddinsyah), 08161908281 (M. Natsir) URL: http://www.pidiejaya.co.nr/ Email:bamuspidiejaya@gmail.com;pidiejaya.jkt@gmail.com

    Catatan Kecil Pendidikan Kita

    Share

    Alauddinsyah
    Admin Utama
    Admin Utama

    Jumlah posting : 17
    Join date : 15.04.09
    Age : 46
    Lokasi : Jakarta

    Catatan Kecil Pendidikan Kita

    Post by Alauddinsyah on Tue 5 May 2009 - 17:25

    MAU lihat wajah pendidikan kita? Lihat saja beberapa kasus penyelenggaraan UAN tingkat SMU yang baru selesai beberapa hari kemarin. Berbagai kasus terjadi, dan hampir selalu terulang setiap tahunnya. Kasus yang santer adalah kebocoran soal ujian juga adanya oknum guru dan pengawas yang jadi joker yang memperjual-belikan jawaban kepada murid.

    Tentu kita prihatin! Pertama, karena guru adalah teladan bagi muridnya. Bagaimana bisa mewujudkan SDM yang berkualitas jika ternyata guru tidak bisa menjadi teladan yang baik. Jika guru sudah melakukan kecurangan hanya demi meraih “citra” sekolah yang baik, tentu ini tidak dibenarkan. Kedua, sistem pendidikan kita, termasuk sistem penyelenggaraan UAN tidak memberikan ruang dialog, sehingga target pencapaian mutu akan benar-benar sesuai harapan dan memenuhi rasa keadilan masyarakat.

    Keprihatinan ketiga, kebijakan pemerintah atau stake holder terhadap pendidikan yang selama ini hanya saling menyalahan. Dan sasaran pertama yang bersalah adalah guru. Kalau mutu pendidikan rendah, dibilang gurunya yang bodoh. Pejabat tidak pernah intropeksi sehingga hanya bisa menyalahkan. Seperti kata Dr. Ishak Hasan, dosen FKIP Unsyiah (opini Serambi, 28/04/2009), pejabat teknis pendidikan hanya bisa “Peeh Canang” menyalahan bahwa rendahnya mutu pendidikan di Aceh karena buruknya kualitas gurunya.
    Pernyataan itu lebih memprihatinkan lagi. Karena selaku penanggungjawab pendidikan semestinya harus malu sekaligus sadar bahwa penyumbang terbesar atas keterpurukan pendidikan ini karena kebijakan yang abai. Pendidikan yang “katanya” berfungsi untuk mencerdaskan anak bangsa selama ini justru dikotori dengan berbagai intrik dan kepentingan. Ini bagaikan kentut yang tak berbunyi dan tak berbentuk namun baunya menyengat kemana-mana. Topeng-topeng amat tebal dipakai oleh oknum pejabat baik di eksikutif maupun di gedung wakil rakyat.

    Sebenarnya untuk menilai buruk atau baiknya sesuatu, termasuk sector pendidikan dapat menggunakan filosofis ikan. Apakah ikan itu buruk atau tidak, maka lihatlah bagian kepala (insang atau mata) ikan, jika kepala ikan itu busuk, maka busuklah yang bernama mahluk ikan. Dan banyak pasal atau faktor yang membuat sesuatu keadaan itu baik atau buruk. Jangan menggunakan hukum raja Timur Leng yang selalu ingin menang dari Nasruddin Hoja dalam cerita 1001 malam. Raja Leng hanya memakai dua pasal; pasal pertama, Raja tak pernah salah; pasal 2, jika Raja bersalah lihat pasal pertama. Inilah tabiat buruk pejabat negeri selama ini.

    Menilai secara obyektif kelemahan pendidikan tentulah tidak serta merta terfokus pada guru semata, karena ia adalah sebuah mata rantai yang nyata-nyata tidak berdiri sendiri. Dari totalitas persepsi miris terhadap peran dan posisi guru jauh lebih baik dan bermakna bila dikaji secara jernih dan proporsional. Inilah yang belum dilakukan secara maksimal?

    Kini, yang tersisa dari sisi lain akan profesi guru adalah kebahagian menjadi pendidik dan pengajar secara sungguh-sungguh dan penuh dedikasi. Mengingat guru berada pada kelompok manusia pada akhirnya ternyata juga memiliki kepuasan, kebahagiaan bahkan kebanggaan tersendiri yang tidak dirasakan orang lain manakala mendengar murid-muridnya berhasil dan sukses ditengah-tengah masyarakat.

    Selama ini kita hanya menuntut kualitas guru, namun melupkan bagaimana meningkatkan kualitas mutu hidup mereka. Bayangkan, guru mengawas Ebtanas hanya dibayar Rp 10.000 sampai Rp 20.000 perhari atau hanya Rp 140 ribu selama empat hari. Bayangkan dengan seorang pejabat yang sekali duduk di warung menghabiskan ratusan ribu. Belum lagi ada seorang guru yang harus mengajar untuk enam lokal pada satu sekolah dengan puluhan murid. Guru mengajar di luar sekolah karena bangunan fisiknya rusak. Inilah bagian ilustrasi fenomena profesi guru yang masih menyelimuti dunia pendidikan kita saat ini.

    Problema lain, mau naik pangkat guru harus membayar sejumlah uang kepada oknum tertentu dengan berbagai dalih dan alasan, kadang bernada intimidasi dan sinis. Sementara jika ada kenaikan pangkat, gaji berkala, rapel gaji sekian bulan dipotong pula untuk keperluan yang tak jelas asal usul dari mana komandonya. Tapi ia tetap saja ada setiap saat. Di bagian lain, honorarium kelebihan jam mengajar yang menjadi hak guru diluar gaji sekali 6 bulan yang relatif kecil disunat pula. Kesejahteraan guru hanya ada dalam kampanye politik atau hanya pandai mencari kambing hitam.

    Bagaimana mutu pendidikan bisa meningkat, kalau tunjangan prestasi kerja atau TPK guru yang sampai saat ini tidak pernah diperhatikan. Sebutlah untuk guru-guru di kota Banda Aceh, saat ini TPK guru hanya dibayar Rp 100.000 perbulan, itu pun sudah diprotes oleh anggota legislative. Coba bandingkan dengan TPK pegawai negeri yang golongan paling rendah Rp 1,5 juta perbulan. Ini belum masuk dana operasional pegawai, dan bandingkan pula dengan dana operasional di sekolah yang kabarnya harus dipotong dinas. Yang lebih memilukan lagi ada guru mengajar dengan perut kosong karena tak punya uang buat jajan, di kafetaria sekolah, gaji sebulan tak cukup memenuhi kebutuhan keluarga dan anak-anak di rumah.

    Itulah seabrek masalah yang melingkari guru dan kehidupannya. Nasib “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” ini sangat identik dengan bait-bait lagu Iwan Fals yang mengibaratkan nasib guru seperti tokoh Oemar Bakri yang pegawai negeri. Sejatinya inilah yang perlu direfleksi ulang dalam moment memperingati Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2009. Kisah-kisah seputar kecurangan terhadap pendidikan harus dikikis jika generasi bangsa ini mau baik ke depan *** Sad Sad

    tuah pid
    Tamu

    catatan tentang pendidikan pidie jaya

    Post by tuah pid on Thu 4 Feb 2010 - 16:13

    Memang sangat menyedihkan nasip kemakmuran guru di Pidie Jaya! Untuk mempartanyakan kebijakan pengutipan zakat pada penghasilan guru saja harus rela dimutasi(dihukum) ke aedah Jiemjiem. hehe...
    Bisa anda bayangkan sang guru bila ke sekolah harus menempuh 20 km setiap harinya. ini jelas-jelas sebuah kezaliman yg penuh siksa dari sang penguasa atas kesewenang-wenangan!

    Salam Jaya Selalu![/b] lol!
    :

    Hidayatullah
    Admin Utama
    Admin Utama

    Jumlah posting : 48
    Join date : 14.04.09
    Age : 45
    Lokasi : Ulee Gle-Pidie Jaya

    Re: Catatan Kecil Pendidikan Kita

    Post by Hidayatullah on Thu 24 Jun 2010 - 11:02

    Begitukah? lalu kenapa orang2 masih mengejar profesi Guru bila udah tau keadaannya begitu, malah ada yg rela menjual ber hektar2 tanah buat biaya ikut CPNS

    Mahdi AR

    Jumlah posting : 1
    Join date : 24.06.10

    Re: Catatan Kecil Pendidikan Kita

    Post by Mahdi AR on Thu 24 Jun 2010 - 21:31

    yang merendahkan mutu guru adalah(1)Dinas pendidikan yang menyuruh mengatrol nilai murid 6 keatas tidak boleh ada nilai 5. (2) Orang tua murid yang tidak menyuruh anaknya belajar dirumah mengharap pendidikan anaknya 100% dari guru,padahal guru hanya mengajar sampai siang hari.(3) orang tua murid yang memaksa anaknya yang tidak naik kelas harus dinaikkan kalau tidak naik kelas guru akan dibacok/diancam. (4) guru yang menjadi guru dengan cara menyogok dan (5)semua elemen masyarakat aceh yang mendukung hal itu terjadi !

    Hidayatullah
    Admin Utama
    Admin Utama

    Jumlah posting : 48
    Join date : 14.04.09
    Age : 45
    Lokasi : Ulee Gle-Pidie Jaya

    Re: Catatan Kecil Pendidikan Kita

    Post by Hidayatullah on Fri 25 Jun 2010 - 15:08

    Renungan untuk Guru,oleh:Ersis Warmansyah Abbas



    GURU, dalam kamus kehidupan, adalah pemberi “senjata dasar” kehidupan kita. Anda seorang pejabat,dosen, wartawan, pengusaha, maling atau koruptor, yang menjadi melek segalasesuatu, pada awalnya berkat jasa guru. Bahwa kreativitas dan jiwa inovator yangmembedakan perkembangan individual, ya. Tapi, “ilmu” didapat dariguru.

    Tidak eloknya, secara berjamaah, sadar atau tidak, kita tega nian berpersepsi, memberi gambaran memilukan. Guru berbaju safari tua kusam, bersepeda kumbang dengan kacamata tebal dan tas lusuh. Terpopuler sebagai “Oemar Bakry”, karikaturis berbau penghinaan terhadap profesi yang sangat mulia, Si Pendidik. Sepanjang sejarah republik ini, citra guru adalah citra manusia yang terlantar dan ditelantarkan. Guru adalah profesi yang tidak menjanjikan secara materialistis tetapi sangat diperlukan.

    Dalam kehidupan sehari-hari dengan sangat mudah kita jumpai pejabat, tenaga administratif atau birokrat pendidikan yang “kerjanya” memudahkan pekerjaan profesional guru dalam menunjang peningkatan kulitas pendidikan, peningkatan sumberdaya manusia (SDM). Orang-orang yang bertugas “membantu” pekerjaan guru. Tapi, kita lebih sering mendengar dendangan nyanyian lagu-lagu indah meninibobokan guru, formal ataupun informal, berkoor (seolah-olah) memperhatikan nasib guru.

    Ditabalkan pula dengan organisasi semacam PGRI, hasilnya hanya satu: Nasib guru tetap memprihatinkan. Pertanyaannya: apa hasil kerja mereka-mereka yang langsung mampu memperbaiki nasib guru?. Guru tetap saja dalam gambaran karikaturis “Oemar Bakry”. Guru kehidupannya begitu-begitu saja, dan … masih saja mengantungkan nasibnya kepada mereka-mereka yang sebenarnya tidak pernah berhasil memperjuangkan nasib guru. Lalu, dimana letak kemampuan guru belajar dari kenyataan? Langkah nyata apa yang dilakukan guru dalam memperbaiki kedudukan dan nasibnya? Entahlah. Hanya para guru yang mampu menjawabnya.

    “Membantai” Guru
    Ketahuilah, keseluruhuan pejabat, pebisnis, orang berpunya, mereka yang terhormat atau gila hormat, apalagi pengambil kebijakan tentang pendidikan, birokrat pendidikan, menjadi pandai atau bisa mencapai kedudukan sosial mapan, tidak terlepas dari jasa guru-gurunya. Dapat dipastikan, pejabat, pengusaha, birokrat pendidikan atau siapa saja yang bisa membaca, menulis, dan berhitung, menjadi pandai karena jasa guru. Gurulah yang menjadikan seseorang menjadi orang melek, mengembangkan potensi dirinya.

    Cobalah renungkan untaian kata-kata saya berikut. Pernahkan Anda mendatangi guru SD Anda yang dengan segala ketabahan, ketekunan dan kesabaran menuntun mengeja huruf a, b, c dan seterusnya?. Memangnya Anda bisa lancar menghitung angka 1, 2, 3, 4 atau merangkai huruf-huruf jadi kata-kata, angka-angka berpangkat dan menghasilkan uang untuk kesuksesan tanpa bantuan guru?. Pernahkan sowan ke Guru SD, SMP, SMU atau mengunjungi sekolah tempat pian dididik hingga jadi orang pintar?

    Anda tidak usah bercerita, membantu sekolah Anda dahulu, sebab kalau itu dilakukan semua orang, pastilah sekolah-sekolah kita menjadi tempat terbagus. Bukan tempat dimana bangunannya hampir roboh atau lingkungannya memprihatinkan dengan fasilitas, sarana dan prasarana, membuat air mata tidak ada artinya. Banyak orang hanya mengambil dari guru dan sekolah, tidak kalau memberi. Bobroknya sarana dan prasarana pendidikan, dipastikan karena memang kita kurang peduli.

    Atau, coba renungkan, ketika seorang guru dengan kesederhanaan dan keluguan mengurus KTP atau keperluan lannya, misalnya, Anda bentak-bentak sembari meminta duit yang didapat dengan jerih payah mengajar yang sangat sedikit?. Apakah Anda tidak akan dikutuk Allah SWT manakala tega-teganya meminta sejumlah uang dengan berbagai alasan ketika Sang Guru mengurus kenaikan pangkatnya? Sudah gajinya kecil, jangankan dipermudah, tetapi justeru harus “dijebak” untuk membayar. Adakah kira-kira manusia yang lebih kejam dari itu?. Kalau Anda pernah melakukan hal-hal sedemikian, bertobatlah, sebelum Allah SWT mengambil nyawa Anda.

    Sekali lagi, coba renungkan, ketika Anda sudah jadi orang, apakah bos tingkat rendah atau puncak, pegawai bank atau wartawan, birokrat pendidikan, tamatan SD atau S3, atau maling sekalipun, pernahkah mendatangi guru yang telah membuat Anda pintar? Pernahkan Anda datangi sekolah tempat belajar dulu yang mungkin kini sudah hampir roboh? Pernahkan membantu sekolah Anda tersebut setelah hidup berkelayakan?

    Mungkin Anda telah mencapai jenjang akademis tertinggi atau mempunyai rumah –-dua sampai empat— punya mobil, sering berseminar di hotel atau melakukan kunjungan kerja di banyak kesempatan, sementara orang yang membuat Anda pintar masih terseok-seok mengajar anak-anak atau cucu Anda, masih berkehidupan seperti ketika mendidik Anda dulu. Apa yang pernah Anda kontribusikan terhadap orang yang menjadikan Anda manusia pintar?.

    Kalau Anda tidak pernah bersilaturrahmi dengan guru SD, SMP, SMU atau PT, tidak pernah membantu sekolah tempat belajar dulu, baik secara pribadi, apalagi ketika Anda mempunyai kewenangan untuk berpihak kepada guru dan pendidikan, ketika Tuan punya kewenangan tetapi justeru mengambil keuntungan untuk menumpuk harta, maka jangan harap bangsa ini akan maju. Peningkatan SDM akan menjadi retorika belaka.

    Lebih fatal, jangan-jangan kalau kita berprilaku sedemikian, sadar atau tidak, kita telah terjerembab menjadi manusia durhaka, manusia yang tidak tahu berterima kasih, manusia yang lupa kacang pada kulit. Lebih sadis, kalau kita mengabaikan guru, melecehkan ketika dia berurusan, meminta duit ketika dia mengurus haknya atau mencelakan profesianya dengan berbagai alasan, kita akan menjadi manusia terkutuk, manusia “pembantai” guru. Naauzubillahi min zaliq.

    Proyek Milyaran
    Kebetulan, saya dipilih sebagai Ketua Komite di dua SD, SDN Jawa 2 Martapura dan SDN Sungai Besar 2 Banjarbaru. Di kedua sekolah tersebut, saya pernah didatangi orang tua siswa sembari bersemangat 45 memberi kuliah, ”Pak Ersis, guru-guru kita ini bagaimana? Tiap semester, anak-anak kita disuruh membeli buku. Ini proyek guru. Tidak boleh dibiarkan”.

    Mula-mula saya telan saja kuliah bagus tersebut. Setelah melakukan riset kecil-kecilan, memang ada guru yang menjual buku seharga Rp.30.000,00 (tiga puluh ribu). Dan … mendapat komisi 10% alias Rp.3.000,00 (tiga ribu rupiah) per buku. Dikalikan 30 siswa, guru mendapat keuntungan Rp.90.000,00 per semester. Uang sebegitu, memang bisa dibilang banyak bisa pula dibilang sedikit.

    Tapi, saya bilang, bagaimana kalau kita berjamaah saja menyumbang untuk guru anak-anak kita secara ikhlas Rp.3.000,00 per semester, apa salahnya? Terlalu berlebihan menuduh guru korupsi atau menyalahgunakan kewenangan. Saya setuju itu tidak dibolehkan, tetapi harus ada solusinya. Toh, di toko buku harganya juga segitu. Memberi untung toko buku tidak keberatan, guru yang menjadikan anak sendiri pintar, ribut. Apa-apaan.

    Ketika saya katakan, “OK. Guru kita larang menjual buku, tapi … mari kita membelikan buku-buku pelajaran yang disimpan di pustaka hingga semua keperluan buku tersedia”. Ajaibnya, begitu gagasan itu saya utarakan, tidak ada komentar lagi.

    Lebih jauh, coba kita berpikir lebih rasional. Milyaran rupiah dianggarkan Depdiknas untuk penyediaan buku-buku pelajaran di sekolah. Pengusaha berebutan, birokrat pendidikan sibuk mengurusnya. Coba datangi sekolah-sekolah, dari milyaran rupiah proyek pencetakan buku tersebut, berapa biji sih yang ada di sekolah? Sangat sedikit. Kemana perginya? Mana saya tahu, emangnya gue ngurusin.

    Harusnya yang model begini yang dilawan, koran-koran “menghajar” hingga yang menculasi pendidikan itu kapok. Setidaknya, dimengerti untuk apa dan siapa, atau kemana saja sih distribusi proyek milyaran rupiah tersebut. Guru-guru juga pada lucu deh, diam aja. Silent is golden, kali ya.

    Menangislah untuk Guru
    Mengakhiri artikel ini, suatu kali, seselesai sholat malam, cobalah luangkan waktu barang 10 menit untuk merenungi nasib guru, nasib pendidikan kita. Mana tahu, urat malu kita tersentuh, bahwa selama ini kita kurang peduli terhadap guru dan pendidikan. Kalau membeli rokok Rp.7.000,00 per bungkus sehari, artinya sebulan Rp.210.000,00 tidak keberatan, tapi kalau membayar iuran Komite Sekolah, Rp.20.000,00 sebulan, untuk membantu pendidikan anak-anak kita, kita gusar. Alasan-alasan rasional dan bak pendekar Pedang Emas mengeluarkan statemen hebat-hebat di koran, di warung kopi atau meja seminar, sembari teriak nyaring-nyaring: “Pendidikan gratis”. Emangnya Tuhan menurunkan uang dari langit untuk membiayai pendidikan.

    Kalau melihat kekurangan di sekolah berbagai sumpah serapah dimuntahkan. Komite Sekolah tidak becus, pemerintah pelit, tidak ada perhatian, pejabat mencuekkan pendidikan (walaupun ada benarnya), tapi mbok ya, kalau membeli empat ban mobil, anggap membeli lima, satu sumbangkan ke sekolah. Kalau Dewan Pendidikan mau melakukan kunjungan kerja, jangan mau ikut, biayanya sumbangkan ke sekolah.

    Kalau Anda Anggota Dewan atau Kepala Bagian atau Kepala Dinas, bilang sama pimpinan, “Pak tahun tahun ini saya ditugaskan ke Jakarta 3 kali saja ya, yang sekali biayanya serahkan kepada sekolah”. Kalau sebulan empat kali ke karaoke, ke salon atau main golf, ya kenapa garang kalau 3 kali saja, yang sekali sumbangkan ke sekolah.

    Nah, kalau saya, mungkin tidak bisa membantu guru secara materi hebat-hebat, tapI berdoa untuk pian Pak ai. Saya menulis pertanda simpati, dan … Inysa Allah akan terus berjuang untuk guru dan pendidikan sesuai kemampuan, ya menulis. Saat ini simpati saya hanya simpati tangis, maukah pian menerima?. Itulah sumbangan terlemah dari orang yang sangat sangat bersimpati.

    Bagaimana menurut Sampeyan?
    Ersis Warmansyah Abbas

    Sponsored content

    Re: Catatan Kecil Pendidikan Kita

    Post by Sponsored content Today at 11:54